728 x 90



Profil SMA Ricci II

Profil SMA Ricci II

Pada perayaan 50 tahun Ricci, SMA Ricci 2 baru berumur 13 tahun. Gedung SMA Ricci 2, yang diresmikan oleh ibu Try Sutrisno *) pada tahun1993, terdiri dari 4 lantai dengan 24 lokal untuk ruang kelas, lab, ruang guru, ruang pertemuan, ruang agama, ruang audio, dan ruang musik. Saat ini kelas X, XI, XII masing-masing terdiri dari 3 kelas dengan total siswa 258. Seluruh ruang ber-AC mulai tahun 2006/2007.

Perkembangan jumlah siswa memang tidak terlalu signifikan namun yang menggembirakan adalah mutu kelulusan walaupun sebagian besar melanjutkan ke perguruan tinggi swasta.

Indikator kelulusan adalah IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di perguruan tinggi yang kebanyakan cukup tinggi. Juga dapat dilihat dari lamanya studi. Kebanyakan dari mereka dapat lulus tepat pada waktunya. Dan perguruan tinggi yang dipilih pun telah menunjukkan “ kelas” nya. Beberapa masuk perguruan tinggi negeri.

SMA Ricci 2 saat ini sedang membenahi sarana-prasarana. Semua lab yang masih standard dan kuno pelan-pelan akan dimodernkan. Lab komputer misalnya sudah menggunakan pentium 4 semua dengan local Area Network dan difasilitasi dengan internet. Lab-lab yang lain akan segera menyusul perbaikannya. Penggunaan perangkat multimedia juga sedang dirintis.

Maka dapat disimpulkan bahwa SMA Ricci 2 akan menjadi sekolah modern yang berkualitas. Hal ini dimungkinkan karena saranya yang modern dan guru-guru yang berkompeten, yang semuannya minimal S.I. jumlah guru saat ini 23 orang dan satu diantaranya dokter yang mengajar kesehatan.

Sejak berdirinya SMA Ricci 2 telah di akreditasi 2 kali yaitu tahun 1997/1998 dengan predikat “ disamakan” dan tahun 2004/2005 dengan nilai A (90,4).

Seperti sekolah-sekolah lain, kegiatan ekstrakurikuler olah raga dan seni banyak diminati siswa. Tetapi yang agak berbeda adalah adanya ekstrakurikuler kuliner (tata boga) dan batik yang juga diminanti dan menjadi ke-khas-an SMA Ricci 2. Kegiatan lain yang menjadi kebanggaan siswa adalah   “ Supercamp” dan Latihan Dasar Kepemimpinan di alam terbuka serta “Live In” dan retret. Empat kegiatan terakhir ini menjadi pilar pengembangan kepribadian dengan penekanan yang berbeda-beda. Pendidikan seksualitas atau Bina Remaja melengkapi pengembangan kepribadian siswa sehingga siap menjadi pribadi yang dewasa.

Kegiatan English Day dan Bulan Kitab Suci Nasional adalah menjadi sarana aktualisasi dan ekspresi diri di samping perayaan PASKAH dan Natal. Sedangkan invitasi bola basket antar SMA (Ricci Cup) yang setiap tahun diadakan di SMA Ricci 2 telah menjadi ajang kompetisi bola basket yang cukup bergensi di wilayah Jakarta Selatan dan Tangerang. Konon, hanya SMA Ricci 2 yang mempunyai lapangan basket indoor diantara sekolah-sekolah di wilayahnya saat ini. Smoga ini menjadi nilai plus.

*) Ibu try Sutrisno adalah isteri mantan wakil Presiden RI, Bp.Try Sutrisno